Simak Yuk, Spek Xiaomi Redmi 9T Lengkap

Teknoharian.com – Xiaomi meluncurkan kategori ponsel entry di awal tahun 2021 dengan Redmi 9T. Buat kamu yang ingin membeli ponsel dengan harga terjangkau namun berkualitas, spek Xiaomi Redmi 9T yang akan Teknoharian.com ulas ini bisa menjawab pertanyaan anda, dan anda bisa langsung menyimak ulasan lengkapnya dibawah.

Redmi 9T hadir dengan tagline “Jawaranya Batre Gede”. Ini mengacu pada penggunaan baterai dengan kapasitas 6000 mAh. Selain kapasitas baterai yang besar, Redmi 9T juga hadir dengan spesifikasi yang menarik. Tentu saja harga yang dipasang tak kalah menggiurkan.

Nah, untuk melihat bagaimana performa dan fitur yang ditawarkannya, simak saja review Xiaomi Redmi 9T berikut ini.

Spek Xiaomi Redmi 9T

Berikut merupakan spesifikasi dari ponsel Xiaomi Redmi 9T yang bisa anda ketahui:

  • Spesifikasi Layar : Gorilla Glass 3, 400 nit, Rasio 19.5:9, IPS LCD 6.53, Resolusi layar Full HD Plus (1080×2340)
  • Bobot dan Dimensi : 198 Gram, 162.3 x 77.3 x 9.6 mm
  • Chip dan Sistem : Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11nm)
  • CPU : Octacore 4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU : Adreno 61
  • Kamera Depan : Kamera utama 48 MP (f/1.8)
  • Kamera makro : 2 MP (f/2.4)
  • Kamera depth sensor : 2 MP (f/2.4)
  • Kamera ultrawide : 8 MP (f/ 2.2)
  • Kamera Belakang : Kamera selfie 8 MP (F/2.0)
  • Memori : RAM: 4 GB/ 6 GB
  • Memori internal : 64 GB/ 128 GB
  • NFC : Tidak Ada
  • Baterai : 6.000 mAh, reverse charging 2,5 watt, fast charging 18watt
  • Konektivitas : Triple Slot (dual nano-SIM + Slot kartu MicroSD)
  • Fitur Lain : Infrared sensor, Wifi 802.11, bluetooth 5.0, dual speaker, USB Type-C 2.0, jack audio
  • Warna : Twilight Blue, Ocean Green, Carbon Gray

Review Redmi 9T

Desain

Desain belakang Xiaomi Redmi 9T benar-benar berbeda dengan ponsel Xiaomi lainnya. Pada casing plastik terdapat logo Redmi yang agak besar. Ini mirip dengan Poco X2 Pro yang memiliki logo besar di tengahnya. Tapi di Redmi, tulisannya ada di sisi kiri bawah.

Spek Xiaomi Redmi 9T di layar memiliki resolusi 2340 x 1080 yang sama dengan saudaranya Redmi 9. Layar IPS ini dilindungi oleh Gorilla Glass 3. Dengan resolusi dan kaca yang solid, tentu saja smartphone entry-level ini terlihat seperti kelas mainstream. . Layar tetap mendapat perlindungan tambahan berupa lapisan anti gores.

Pada layar ini, Xiaomi masih menggunakan desain waterdrop notch yang merupakan notch kecil. Artinya, Anda akan menemukan lubang di kiri atas layar yang merupakan kamera untuk selfie. Desain ini juga tidak menyia-nyiakan layar, karena di sekitar lubang di kamera layar tetap memberikan visibilitas dan dapat disentuh.

Desain posisi kamera pada Xiaomi Redmi 9T juga cantik. Ada empat kamera di bagian belakang dengan flash yang dirancang dalam wadah dua warna. Kamera 48MP sendiri berada di tengah. Sedangkan kamera makro diletakkan sendiri dan terlihat sangat kecil.

Di bagian atas, terdapat sensor inframerah, port audio 3,5 mm, mikrofon, dan speaker tambahan untuk memberikan suara stereo. Volume atas dan bawah dan tombol power ditempatkan di sisi kanan. Di bawah tersedia slot USB-C, speaker, serta menggunakan mikrofon utama. Slot nano SIM dan microSD (tiga slot) terletak di sebelah kiri.

Hp dibawah 2 juta spek dewa ini menggunakan MIUI 12.0.5 (bukan 12.5). Sistem operasinya sendiri masih Android 10. Dengan MIUI 12, bagi yang belum pernah mencobanya, rasanya sangat berbeda dengan MIUI 11 karena terasa lebih responsif. Beberapa fitur juga ditawarkan, seperti mengembalikan laci aplikasi dan pusat notifikasi yang menampilkan menu cepatnya.

Jaringan

Ini menggunakan SoC Xiaomi Redmi 9T yang didedikasikan untuk perangkat dalam kategori mainstream. Sistem on-chip itu sendiri menggunakan modem X11 yang disertakan dalam Catergory 13. Modem ini mendukung agregasi bus hingga dua koneksi. Secara teoritis, kecepatan download modem ini bisa mencapai 390 Mbps.

Spek Xiaomi Redmi 9T ini mendukung bandwidth 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 20, 28, 38, 40 dan 41 untuk jaringan 4G. Tentu saja saluran jaringan ini sudah mendukung semua yang digunakan operator seluler di Indonesia. Modemnya sendiri mendukung WiFi 5GHz dengan 802.11ac dan tentunya akan sangat cepat saat mentransfer data secara nirkabel.

  Simak Yuk, Spesifikasi Samsung Galaxy M30s

Kamera

Xiaomi kembali memukau dengan menawarkan sensor 48MP di kategori entry level. Xiaomi kembali dengan ISOCELL GM1 yang akan mengambil foto lebih baik saat menggunakan teknologi TetraCell-nya. 48MP saja sudah bisa mengambil foto yang bagus saat cahayanya cukup bagus. Namun, saya sarankan memotret foto 12MP karena akan memperbesar dimensi sensor.

Gambar yang dihasilkan oleh kamera Xiaomi Redmi 9T terlihat sangat bagus. Namun, rentang dinamis kamera sering kali terlihat sedikit kacau saat cahayanya cukup kuat. Namun dari segi noise dan kejernihan gambar, sepertinya Xiaomi Redmi 9T masih menjadi yang terbaik di kategori entry level.

Namun, saat pencahayaan kurang seperti malam hari, jangan pernah memotret tanpa bantuan lampu kilat LED. Sayangnya, mode malam pada perangkat ini menghasilkan gambar yang buruk. Meski diambil dalam mode manual, smartphone ini mampu menghasilkan foto yang bagus di malam hari. Kami berharap Xiaomi akan memperbaiki algoritma mode malam sehingga perangkat ini dapat mengambil foto yang lebih baik.

Kamera selfie dari spek Xiaomi Redmi 9T ini juga bisa menghasilkan foto yang lumayan. Namun, gambar tetap menghasilkan distorsi yang cukup mencolok di area gelap. Tingkat ketajamannya juga bagus meski tidak menangkap semua detail dengan jelas. Namun, hasilnya tetap bisa digunakan saat momen-momen tertentu dihabiskan.

Kamera makro saat ini hanya memiliki resolusi 2 megapiksel. Seperti kebanyakan smartphone di pasaran, hasilnya kurang memuaskan. Namun, hasilnya masih bisa digunakan untuk beberapa kebutuhan.

Lalu bagaimana dengan resolusi 48MP? Apakah itu hanya gimmick? Yah, bisa di katakan ya dan tidak. Ya, karena resolusi ini tidak bisa digunakan kapan saja dan hasilnya tidak sebaik menggunakan 12 megapiksel. Tidak, karena ada kalanya kita dapat menangkap detail gambar yang lebih baik daripada menggunakan 12 megapiksel.

Layar

Untuk menampilkan beragam konten kepada pengguna, Redmi 9T memiliki layar berukuran 6,53 inci. Menariknya, resolusi layarnya sudah Full HD+ yang pastinya cocok untuk yang suka streaming film atau serial lewat smartphone. Layar tersebut juga memiliki sertifikasi L1 Widevine, yang berarti pengguna dapat menikmati berbagai tayangan di Netflix dalam format HD.

Layarnya juga menggunakan lapisan Corning Gorilla Glass 3 untuk anti gores dalam layar. Tak lupa juga ada sertifikasi TUV Rheinland yang artinya layar smartphone minim paparan cahaya biru. Sehingga mata pengguna tidak cepat lelah saat menggunakan ponsel dalam waktu lama.

Chipset

Redmi 9T ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 662. Performa chipset ini juga ditopang oleh RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Ada juga varian lain di bawahnya, yakni RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Penggunaan sehari-hari Dengan Redmi 9T, tidak memiliki masalah sama sekali. Semuanya bisa dilakukan dengan sangat lancar. Untuk gaming, kami mencoba memainkan PUBG Mobile di Redmi 9T. Grafik maksimal yang bisa didapatkan seimbang dengan frame rate maksimal rata-rata.

Untuk menjaga kekuatannya, Xiaomi membenamkan baterai 6000mAh. Yang jelas kapasitas baterainya cukup besar dan siap menemani pengguna seharian penuh. Untuk mengukur masa pakai Redmi 9T, kami menjalankan simulasi menggunakan aplikasi PC Mark. Melalui pengujian tersebut, ponsel Xiaomi dapat digunakan hingga 25 jam non stop. Bahkan baterainya masih tersisa hingga 19%.

Agar baterai Redmi 9T lebih cepat terisi, sudah dilengkapi juga dengan fast charging 18W. Pengisian yang kami lakukan dari 3% hingga 100% membutuhkan waktu sekitar 3 jam 6 menit. Waktu pengisian daya memang cukup lama, namun sebanding dengan jumlah kapasitas baterai dan stamina yang ditawarkannya.

Kesimpulan

Dari spek Xiaomi Redmi 9T yang di uraikan diatas, tentu akan memberikan anda iformasi yang sangat memuaskan jika anda mencari hp dengan harga yang terjangkau. Semoga dari penjelasan diatas dapat membantu dan bermanfaat buat anda. Terima kasih!!

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA