Cara Menggunakan Instagram Shopping, Fitur dan Tips

Teknoharian.com – Apakah anda tahu cara menggunakan Instagram Shopping? Jika anda belum mengetahuinya, Teknoharian akan memberikan ulasan tentang ini. Jadi, anda tidak perlu pusing atau bingung untuk mengetahui cara memakai Instagram Shop untuk mengembangkan bisnis anda.

Jualan dengan memanfaatkan media online ini tentu memiliki potensi yang sangat besar untuk memberikan dampak baik bagi bisnis anda. Sebelum ini, kami sudah menjelaskan tentang cara membuat instagram shop. Dan dibawah akan kami jelaskan dengan detail untuk anda pelajari tentang cara menggunakannya.

Apa Itu Instagram Shop?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Instagram shopping adalah salah satu fitur terbaru dari Instagram. Fitur ini diklaim mampu menawarkan pengalaman belanja e-commerce di media sosial Instagram. Kita dapat mengakses toko ini melalui halaman explore di dalam aplikasi Instagram. Oleh karena itu, setiap pelanggan tidak perlu lagi keluar dari aplikasi untuk berbelanja.

Sebagai pemilik akun bisnis, Anda harus terlebih dahulu membuat katalog produk. Ini memiliki fitur pos dan story yang nantinya dapat Anda beri tag pada produk Anda. Selain itu, Facebook juga menyediakan fitur Facebook Pay, dan fungsinya mirip dengan dompet digital yang berguna untuk melakukan transaksi online. Oleh karena itu, tidak setiap pelanggan harus pergi jauh untuk berbelanja.

Saat pertama kali dirilis, fitur ini belum bisa digunakan di Indonesia. Namun, per 6 Oktober, fitur ini perlahan mulai digulirkan di Indonesia. Maka dari itu anda perlu mengetahui cara menggunakan Instagram Shopping.

Fitur Instagram Shop

Berikut merupakan fitur yang disediakan Instagram shopping yang dapat anda ketahui :

  • Tag Dalam Instagram Shop

Tag Instagram Shop memberi label produk yang ditampilkan di postingan Anda dan juga tersedia di katalog produk. Dengan fitur tag ini, pelanggan dapat melihat berbagai harga dan produk secara detail. Anda dapat memilih produk yang ingin Anda tandai dalam sebuah postingan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

  • Katalog produk

Sesuai dengan namanya, produk Anda nantinya akan muncul di katalog produk dan dapat dilihat oleh publik. Selain itu, Anda juga dapat dengan bebas menambahkan produk yang ingin Anda jual kepada audiens Anda. Dalam tampilan katalog ini, hanya foto, nama, dan harga produk yang akan ditampilkan kepada pelanggan. Untuk dapat menambahkan gambar ke katalog produk ini, pilih produk gambar terbaik. Pada beberapa produk, pilih gambar latar belakang yang cocok.

  • Halaman detail produk

Jika audiens mengklik salah satu produk katalog, mereka akan dapat melihat halaman detail produk. Informasi rinci yang ditampilkan untuk audiens ini meliputi foto, harga, nama dan deskripsi produk lengkap, ukuran, dan tautan ke situs web toko online Anda. Oleh karena itu, buatlah deskripsi produk secara lengkap dan singkat.

  • Iklan Instagram Shop

Dalam cara menggunakan Instagram Shopping, fitur ini berguna untuk posting iklan di Instagram Shopping Anda. Dengan iklan belanja Instagram, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Seperti halnya fitur iklan Instagram lainnya, Anda juga dapat memilih audiens yang paling sesuai dengan target pasar Anda.

  • Tag di akun tertentu

Jika Anda ingin berkolaborasi dengan influencer, Anda dapat menggunakan tag Instagram Shop agar produk Anda lebih dikenal oleh banyak audiens. Dengan fitur ini, akan lebih mudah untuk menandai produk Anda oleh influencer di postingan mereka. Oleh karena itu, akan ada lebih banyak pengikut berpengaruh yang mengetahui produk dan bisnis Anda.

  • Peluncuran produk

Seperti namanya, fitur ini akan membantu Anda dalam membuat iklan untuk produk yang akan Anda luncurkan. Anda dapat menggunakan fitur hitung mundur, sehingga pelanggan dapat lebih mempersiapkan diri untuk belanja online. Mereka juga dapat mengatur pengingat agar dapat memberikan notifikasi penting saat produk Anda dirilis ke publik.

  • Live Shop
  Situs Download Video Instagram (Download Gram Pinterest)

Fitur ini sangat berguna untuk menjual produk secara langsung melalui Instagram Live. Oleh karena itu, Anda dapat mengundang lebih banyak orang untuk membeli produk secara langsung. Mereka juga bisa langsung membeli produk di sesi Instagram Live.

Cara Menggunakan Instagram Shopping

Setidaknya ada tujuh langkah yang harus Anda lakukan untuk dapat menggunakan fitur ini. Dilansir dari situs resmi Instagram, ketujuh langkah tersebut adalah sebagai berikut:

  • Akun Bisnis Anda Bagus

Instagram memiliki beberapa syarat untuk aktivasi akun. Beberapa tempat di mana fitur telah diluncurkan, Anda memiliki produk yang memenuhi persyaratan, sesuai dengan Perjanjian Perdagangan Produk dan Persyaratan Perdagangan Facebook, dan Anda memiliki situs web penjualan.

  • Jadikan akun anda Akun Bisnis

Tentu saja Anda harus menggunakan akun bisnis Instagram. Jika akun anda belum anda rubah, Anda harus mengubah akun Anda terlebih dahulu.

  • Terhubung halaman Facebook

Cara menggunakan Instagram Shopping adalah anda harus terhubung ke halaman Facebook.

  • Unduh katalog produk

Jika demikian, yang harus Anda lakukan adalah mengisi toko Anda dengan katalog. Anda dapat mengisinya menggunakan Pengelola Bisnis Facebook. Beberapa e-commerce sekarang juga dapat menyinkronkan katalog Anda dengan katalog mereka.

  • Minta peninjauan akun Anda

Setelah selesai membuat katalog produk, yang harus Anda lakukan adalah meminta Instagram untuk menyetujui membuka toko.

  • Aktifkan akun

Jika Instagram menerima pesanan Anda, Anda hanya perlu mengaktifkan akun toko Anda.

  • Buat konten interaktif

Jika Anda sudah berada di titik ini, berarti toko Instagram Anda sudah aktif. Jadi, Anda hanya perlu mengunggah konten dan menandai produk Anda.

Tips Instagram Shop

Berikut merupakan tips untuk anda menggunakan fitur Instagram Shop:

  • Gunakan Iklan

Jika Anda memiliki budget khusus untuk promosi, Anda bisa menggunakan Instagram Shopping Ads untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda. Dengan iklan yang ditampilkan, audiens akan mengklik iklan Anda dan akan diarahkan ke halaman deskripsi produk di Instagram. Setelah itu, mereka dapat melakukan transaksi di smartphone mereka.

Untuk memaksimalkannya, pastikan gambar untuk iklan Anda berkualitas tinggi, dilengkapi dengan tag dan produk yang sesuai juga. Dengan demikian, pelanggan Anda akan lebih mudah mendapatkan informasi dan mengunjungi toko online Anda.

  • Gunakan hashtag

Hashtag di Instagram dibuat untuk dapat mengelompokkan postingan ke dalam kategori khusus. Hal ini dapat Anda gunakan sebagai strategi dalam membuat konten agar audiens Anda dapat menemukannya dengan mudah.

Buat hashtag khusus untuk produk yang ingin Anda promosikan. Nantinya, jika audiens mencari dengan hashtag tertentu, Instagram akan menampilkan semua postingan Anda di halaman pencarian.

Selain itu, dengan menggunakan hashtag akan memudahkan audiens untuk mengikuti konten terupdate Anda. Oleh karena itu, konten Anda dipromosikan oleh Instagram secara gratis.

  • Bagikan di Insta Story

Kamu pasti tahu kalau Instagram Stories juga memberikan keuntungan berbelanja. Oleh karena itu, Anda harus bisa memaksimalkannya dengan baik. Caranya, pilih gambar terbaik untuk dijadikan cerita. Kemudian pilih icon sticker berupa tas belanja. Selanjutnya, ketik akun bisnis Instagram Anda.

Jadi, ketika pelanggan mengklik ikon tersebut, mereka akan diarahkan ke akun Instagram bisnis Anda. Namun jika Anda mempostingnya, Anda tidak dapat lagi mengedit postingan Instagram Stories sebelumnya. Karena itu, pastikan untuk memasukkan semua informasi penting.

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang cara menggunakan Instagram Shopping yang bisa anda ketahui. Jika anda menjalankan strategi bisnis dengan online, penjelasan diatas tentu akan memberikan dampak yang baik untuk bisnis anda. Semoga bermanfaat dan membantu anda, terima kasih!

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA